Kamis, 11 Agustus 2016

Banyuwangi Sunrise of Java


Banyuwangi adalah kota yang dijuluki Sunrise of Java. Kota surganya berbagai macam tempat wisata dan juga wisata kuliner.

Legenda Asal Usul Banyuwangi



Dahulu kala di wilayah ujung timur ada sebuah kerajaan yang dipimpin oleh raja yang bernama Prabu Sulahkromo dan dibantu oleh Patih Sidopekso. Kerajaan tersebut bernama Kerajaan Blambangan. Patih Sidopekso ialah seorang patih yang gagah berani, arif nan tampan. Dan dia mempunyai istri yang bernama Sri Tanjung yang parasnya sangat elok dan halus budi bahasanya. Hal tersebutlah yang membuat raja semakin tergila-gila dan ingin memiliki Sri Tanjung. Dengan cara piciknya sang raja mulai berfikir, dia akan menugaskan Patih Sidopekso yang tugas tersebut tidak mungkin dilaksanakan oleh siapapun agar sang raja bisa merayu  Sri Tanjung. Dengan gagahnya patih sidopekso pun menerima dan melaksanakan tugas dari sang raja. Sepeninggal Patih Sidopekso dengan segala cara sang raja pun mulai merayu dan memfitnah Sri Tanjung. Tetapi Sri Tanjung tidak goyah sedikitpun.


Sampai akhirnya Patih Sidopekso pulang dari menjalankan tugas, raja menyampaikan bahwa istrinya sudah merayu raja. Dengan marah Patih Sidopekso mendatangi istrinya. Perkataan polos dan jujur dari Sri Tanjung malah membuat Patih Sidopekso semakin marah dan mengancam akan membunuh istrinya. Akhirnya diseretlah Sri Tanjung ke dekat sungai yang kotor dan kumuh. Namun, sebelum Patih Sidopekso membunuhnya Sri Tanjung menyampaikan pesan kepada patih "setelah kau membunuhku jika sungai ini berubah menjadi bening dan berbau wangi maka aku tidak berbohong, tetapi jika sebaliknya maka aku tidak setia kepadamu". sampai akhirnya Sri Tanjung diceburkan ke danau tersebut. Dan yang terjadi air keruh tersebut perlahan menjadi bening dan berbau harum. Dengan segala rasa penyesalan Patih Sidopekso berteriak "Banyu...wangi....banyu....wangi". Dari situlah nama kota banyuwangi tercipta.


Budaya, makanan, kerajianan, event  Banyuwangi

Banyuwangi memiliki ragam budaya, makanan, kerajinan, event, dan banyak lagi. Banyak sekali.
Kalian bisa lihat disini.

http://banyuwangitourism.com/

Beberapa Foto Wisata Banyuwangi

1. Teluk Biru

2. Taman Nasional Baluran



3. Red Island



4. Watu Dodol




 5. Pantai Wedi Ireng

source http://banyuwangikab.go.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar